You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Padukuhan Munggang Wetan

30 Desember 2019 Dibaca 31.821 Kali

PROFIL PADUKUHAN MUNGGANG WETAN

           Padukuhan Munggang Wetan merupakan salah satu padukuhan di Desa Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bapak Djanurdi merupakan Kepala Padukuhan Munggang Wetan. Luas wilayah Padukuhan Munggang Wetan saat ini sekitar 970m2. Total luas penggunaan lahan sebesar + 392,400m2 terdiri dari sawah sebesar + 213.270m2, +155,820m2 sebagai ladang. Sisanya merupakan hutan rakyat (kayu jati dan kayu sengon laut) dan perkebunan (cengkeh). Padukuhan Munggang Wetan memiliki kondisi geografis yang cenderung berbukit dan bertebing curam. Padukuhan Munggan Wetan memiliki batas-batas wilayah yaitu utara berbatasan dengan wilayah Munggang Lor, sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Tetes, barat berbatasan dengan wilayah Gorolangu, dan timur berbatasan dengan wilayah Wonotawang. Kondisi daerah Munggang Wetan merupakan daerah pegunungan berbatu dengan jenis tanah lempung merah yang cenderung labil. Jarak dari desa Sidoharjo ke Padukuhan Munggang Wetan +2 kilometer. Jarak dari kecamatan Samigaluh ke Padukuhan Munggang Wetan +8 kilometer. Sedangkan jarak dari kabupaten Kulon Progo ke Padukuhan Munggang Wetan +40 kilometer. Keberadaan padukuhan Munggang Wetan dapat dikatakan cukup jauh dari instansi pemerintah sehingga dibutuhkan transportasi seperti kendaraan bermotor sebagai sarana untuk mengunjungi kantor instansi pemerintah setempat. Kondisi jalan padukuhan Munggang Wetan saat ini masih kurang layak, dimana jalannya berkelok-kelok, menanjak tajam, berbatu, dan sebagian besar rusak. Sehingga para pengendara harus lebih berhati-hati terutama pada saat musim penghujan karena jalan dapat menjadi lebih berbahaya. Kendala lain saat malam hari yaitu minimnya penerangan di sepanjang jalan sehingga dapat menyebabkan kesulitan saat akan menuju rumah satu dengan rumah lainnya. Padukuhan Munggang Wetan memiliki sarana dan prasarana desa yaitu 1 Taman Kanak-kanak (TK), 1 Sekolah Dasar (SD), 1 Masjid, 1 Pos Ronda, dan Lapangan Volly. Kondisi sarana dan prasarana pendidikan dalam
hal ini TK dan SD memiliki bangunan yang layak dan memiliki guru tidak tetap (honorer), namun karena masih kurangnya tenaga pendidik yang dibutuhkan beberapa warga menjadi pengajar sukarela di TK dan SD tersebut. Kondisi tempat ibadah yaitu Masjid juga sudah memiliki bangunan dan tempat wudhu yang sudah layak, namun masih membutuhkan beberapa fasilitas seperti toa. Untuk kondisi pos ronda sampai saat ini masih ada dengan kondisi yang masih layak, dan dapat menampung 5-8 warga. Kondisi sarana dan prasarana untuk lapangan volly dapat dikatakan layak dan masih digunakan oleh para warga untuk bermain volly di sore hari, sedangkan untuk transportasi sendiri belum memadai dikarenakan dari desa belum menyediakan. Sebagian besar transportasi yang digunakan untuk kegiatan di Padukuhan Munggang Wetan adalah sepeda motor namun itu merupakan milik pribadi warga.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image