You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Padukuhan Sebo

30 Desember 2019 Dibaca 31.792 Kali

PROFIL PADUKUHAN SEBO

Sebo merupakan salah satu padukuhan yang berada di lingkup Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Padukuhan Sebo ini memiliki luas wilayah kurang lebih 23 hektar dimana 112.523 m2 dari lahannya adalah sawah dan 35.584 muntuk wilayah tegelan. Padukuhan Sebo ini sendiri dibatasi oleh padukuhan Kedokan di sebelah Utara, desa Gerbosari di sebelah Barat serta padukuhan Gebang di sebelah Selatan.

Padukuhan Sebo dibagi dua RW dan empat RT. Adapun nama Ketua RW 36 adalah Bapak Sardiyanto B dan ketua RW 37 adalah Bapak Effianto. Selanjutnya, nama ketua RT yang dibawah pengawasan RW 36 adalah RT 77 yang dikepalai oleh Bapak Suminto dan RT 78 adalah Bapak Suratjio. Selain itu, nama ketua RT yang dibawah pengawasan RW 37 adalah  RT 79 yang dikepalai  oleh Bapak Sakiran dan  RT 80 dikepalai oleh Bapak Suyanto. Sedangkan kepala LPMD adalah Bapak Walgianto.

Penggunaan lahan di padukuhan Sebo terdiri atas peternakan sapi, peternakan kambing, peternakan ayam, peternakan lele dan ladang campuran.  Dominan penggunaan lahan di padukuhan Sebo adalah untuk lahan pertanian. Hal ini berkaitan dengan mata pencaharian terbesar di padukuhan Sebo adalah buruh pertanian. Selain itu, di padukuhan Sebo juga terdapat pengembangan biogas dari keluarga peternak sapi dan kerajinan tangan berupa anyaman tali rafia.

Padukuhan Sebo ini termasuk daerah yang beriklim tropis. Jarak yang ditempuh dari padukuhan Sebo ke desa Sidoharjo adalah ± 1,5 Km, sedangkan dari padukuhan Sebo menuju kecamatan Samigaluh jarak yang ditempuh  ± 1 Km. Jarak tempuh dari padukuhan Sebo ke kota adalah 25 Km. Selain itu, jarak tempuh dari padukuhan Sebo ke provinsi adalah 25 Km. Adapun kondisi jalan di wilayah Padukuhan Sebo masih sebagaian beraspal namun sebagaian corbeton sehingga masih membutuhkan perhatian. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa bagian jalan yang bebatuan dan berlubang.

Dalam padukuhan Sebo, terdapat berbagai sarana dan prasarana yang terbilang cukup untuk mendukung aktivitas yang dilakukan warganya, walaupun belum semuanya dimiliki. Hal ini dapat dilihat dari sarana dan prasarana pendidikan, agama, keamanan, dan transportasi. Untuk sarana dan prasarana pendidikan, wilayah Padukuhan Sebo  memiliki bangunan sekolah yaitu SD Negeri 2 Samigaluh dan satu PAUD. Kondisi SD dan PAUD tersebut terbilang cukup baik dimana ruang kelasnya hanya sedikit. Hal ini dikarenakan menyesuaikan dengan jumlah siswa yang juga hanya sedikit. Untuk bangunan SMP dan SMA belum terdapat di wilayah Sebo. Di samping sarana dan prasarana pendidikan, Sebo memiliki 1 tempat ibadah yaitu masjid. Masjid tersebut terdapat di area RT 80 di padukuhan Sebo. Dari sarana dan prasarana keamanan, Padukuhan Sebo memiliki 1 pos ronda. Selain itu, diarea RT 77 dan RT 80  terdapat sungai-sungai yang mengalir.  Sarana dan prasarana lain yang juga mendukung aktivitas warga yaitu transportasi. Transportasi tersebut berupa mobil angkutan umum, motor pribadi, ojek online dan bus kecil. Biasanya warga akan mengunjungi pasar ketika tanggal Pon di kalender . Pasar yang sering dikunjungi warga setempat ialah Pasar Samigaluh dan Pasar Dekso.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image