You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Padukuhan Wonogiri

30 Desember 2019 Dibaca 31.918 Kali

PROFIL PADUKUHAN WONOGIRI

  • Luas Wilayah

Padukuhan Wonogiri terletak pada Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh. Desa Sidoharjo menempati wilayah terluas yaitu sebesar 1.374,46 ha dengan presentase 19,84ri wilayah keseluruhan, sedangkan luas wilayah Kecamatan Samigaluh sebesar 5.806,82 ha.

  • Batas Wilayah

Adapun batas-batas wilayah Padukuhan Wonogiri, diantaranya sisi Utara berbatasan dengan Jawa Tengah, sisi Selatan berbatasan dengan Padukuhan Nyemani, sisi Timur berbatasan dengan Padukuhan Madigondo, dan sisi Barat berbatasan dengan Padukuhan Nglambur.

  • Penggunaan lahan

Mayoritas penggunaan lahan di Padukuhan Wonogiri digunakan sebagai lahan pertanian, perkebunan, dilanjutkan dengan permukiman. Pemukiman antar warga memiliki jarak yang lumayan jauh, setiap pemukiman warganya memiliki sebuah lahan di belakang rumah untuk peternakan.

  • Keadaan topografi (iklim, tanah, geografi)

Secara umum, keadaan topografi Padukuhan Wonogiri serupa dengan Desa Sidoharjo dan desa lainnya yang terletak di Kecamatan Samigaluh. Kondisi iklim Padukuhan Wonogiri tropis lembab dengan curah hujan antara 2500 MM - 3200 MM per tahun. Selain itu, kondisi tanah berupa daerah perbukitan yang bergelombang dengan kemiringan tanah antara 30% - 80%, serta suhu udara antara 23 - 28 derajat Celcius.

  • Jarak (desa, kecamatan, kabupaten)

Jarak dari Padukuhan ke kantor Kecamatan relatif jauh, yaitu sekitar 11,2 km, sedangkan jarak Padukuhan ke Balai Desa sekitar 7 km.

  • Kondisi jalan

Kondisi jalan pada Padukuhan Wonogiri terbilang cukup layak. Jalan lokal dominan beraspal, meskipun juga masih terdapat jalan yang rusak sekitar sepanjang 1 km. Sedangkan jalan lingkungan menuju padukuhan dan rumah warga mayoritas menggunakan perkerasan berupa conblock. Kondisi jalan lingkungan cukup memadai, namun beberapa jalan masih dipenuhi bebatuan sehingga pengendara motor rawan tergelincir.

  • Kondisi sarana dan prasarana
  • Jenis sarana dan prasarana yang ada
  • Sarana dan Prasarana Pendidikan :

Sarana dan prasarana pendidikan yang terdapat di Padukuhan Wonogiri berupa PAUD, dan Sekolah dasar (SDN Madigondo), sementara untuk SMP berjarak sekitar 5 km dari Padukuhan Wonogiri.

Jumlah Kondisi saat ini

Sarana pendidikan pada Padukuhan Wonogiri sebanyak 1 buah PAUD dan 1 buah sekolah dasar. Kondisi fasilitas pendidikan sudah cukup memadai, seperti pada SDN Madigondo. SD Negeri Madigondo memiliki luas tanah sebesar 1.376 m2. Memiliki akses internet dari Telkomsel Flash, serta sumber listrik dari PLN.

 

  • Sarana dan prasarana Agama (tempat ibadah)

Sarana dan prasarana agama yang terdapat di Padukuhan Wonogiri berupa masjid, yaitu Masjid Darussalam Wonogiri

Jumlah dan kondisi saat ini

Sarana dan prasarana agama pada Padukuhan Wonogiri sebanyak 1 buah masjid.  Kondisi fasilitas agama sudah cukup memadai.

 

  • Sarana dan prasarana keamanan

Sarana dan prasarana keamanan yang tersedia di Padukuhan Wonogiri berupa pos ronda.

Jumlah dan kondisi saat ini

            Jumlah pos ronda yang tersedia saat ini sejumlah 1 buah dengan kondisi sederhana, namun cukup memadai. Konstruksi pos ronda berupa konstruksi tetap menggunakan beton bertulang.

  • Sarana dan prasarana transportasi

Sarana dan prasarana transportasi umum belum tersedia, masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image