You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Pegagan Sebagai Produk Olahan Teh Herbal Oleh KKN-PPM UGM

administrator 18 Agustus 2024 Dibaca 36 Kali
 Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Pegagan Sebagai Produk Olahan Teh Herbal Oleh KKN-PPM UGM

 

Centella asiatica atau yang biasa dikenal dengan nama pegagan merupakan tanaman yang banyak tumbuh secara liar di perkebunan, ladang, sawah, bahkan di tepi jalan. Pegagan adalah tanaman yang berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pegagan sendiri termasuk tanaman herba tahunan yang tumbuh secara menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini sudah secara luas dikonsumsi secara segar oleh masyarakat sebagai lalapan. Hal tersebut tidak terlepas karena pegagan dikenal sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Dewasa ini pemanfaatan tanaman pegagan sudah sangat bervariasi, mulai dari pembuatan keripik daun pegagan, teh pegagan, serta pegagan juga dapat diolah menjadi obat kapsul, krim, salep, hingga obat jerawat. Tanaman dengan nama ilmiah centella asiatica ini memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.

Pada tanggal 27 Juli 2024 Tim KKN-PPM UGM dengan kode YO090 berkesempatan mengadakan pelatihan pembuatan teh pegagan dengan sasaran kelompok Desa Prima Kalurahan Sidoharjo. Pegagan dipilih sebagai bahan pelatihan karena melimpahnya tanaman tersebut di daerah Kalurahan Sidoharjo. Dan pegagan memiliki banyak manfaat diantaranya, dapat melancarkan peredaran darah, menjaga fungsi otak, meredakan nyeri sendi, mengatasi sulit tidur, mengurangi kecemasan, mencegah penyakit Alzheimer, dll.

Produk minuman teh dipilih sebagai bentuk alternatif pemanfaatan tanaman pegagan karena pengolahannya yang mudah dan mampu menambah nilai jual dari tanaman pegagan tersebut. Cara pengolahan daun pegagan hingga menjadi teh siap konsumsi cukup sederhana, yaitu:

  • Tahap pertama pengolahan teh pegagan yakni dengan memilah daun dengan segar agar menghasilkan teh kualitas terbaik;
  • Selanjutnya daun-daun pegagan yang sudah dipilah akan melalui proses pengeringan, dalam tahap ini daun pegagan dapat dikeringkan dengan cara dijemur ataupun dioven;
  • Setelah daun pegagan menjadi kering, tahap selanjutnya adalah memblender kasar dan memasukkan daun ke dalam kantung teh;
  • Tahap terakhir dari proses pengolahan ini yaitu proses penyeduhan dan teh dari daun pegagan siap disajikan.

Dari hasil pelatihan pembuatan produk teh tersebut diharapkan dapat membantu kelompok Desa Prima dalam memvariasikan produk mereka mengenai hasil olahan tanaman pegagan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image