You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

[KKN-PPM UGM 2024] Dokumentasi Pendataan UMKM di Desa Sidoharjo

administrator 15 Agustus 2024 Dibaca 46 Kali
[KKN-PPM UGM 2024] Dokumentasi Pendataan UMKM di Desa Sidoharjo

Klik untuk menonton Video Dokumentasi ⇒ https://youtu.be/MmGklW6GTwk?si=uwgehw2yJKWGTv-h

Desa Sidoharjo merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Dearah Istimewa Yogyakarta. Desa Sidoharjo memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan hasil pertanian seperti padi, palawija, jagung. Hasil perkebunan seperti cengkeh dan kopi. Serta empon-empon seperti jahe dan kunyit. Selain itu ada juga sedikit pohon kelapa, pisang, dan pohon yang berbuah seperti alpukat, rambutan dan durian. Mata pencaharian warga juga beragam di mana sebagian besar masyarakat merupakan petani. Namun ada juga yang bekerja sebagai pedagang, pengusaha, pegawai, dan sebagainya.

Di Desa Sidoharjo juga banyak yang memiliki usaha sendiri. Mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2024 melaksanakan salah satu program kerja terkait Pendataan UMKM di Desa Sidoharjo dan mendaftarkannya ke Google Maps. Program kerja tersebut digunakan untuk memberikan kesempatan bagi UMKM di Desa Sidoharjo agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas bahkan sampai luar Desa Sidoharjo. Serta dengan tujuan agar perekonomian warga desa menjadi lebih meningkat dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Sidoharjo.

Pendataan dilakukan pada UMKM di Desa Sidoharjo dengan Jumlah 29 UMKM. Dari hasil pendataan tersebut masing-masing UMKM memiliki bidang fokus usahanya sendiri. Berdasarkan hasil pendataan yang telah dilaksanakan terdapat 4 fokus bidang usaha yaitu bidang kuliner, bidang jasa, bidang pertanian, dan bidang kerajinan. Pendataan UMKM dilakukan di beberapa padukuhan seperti padukuhan seperti Munggang Wetan, Munggang Lor, Madigondo, Nglambur, Keweron, Kedokan, Tetes, dan Gorolangu. Dengan jumlah masing-masing yaitu Padukuhan Munggang Wetan berjumlah 4 UMKM, Padukuhan Munggang Lor berjumlah 3 UMKM, Padukuhan Madigondo berjulah 11 UMKM, Padukuhan Nglambur berjumlah 4 UMKM, Padukuhan Keweron berjumlah 1 UMKM, Padukuhan Kedokan berjumlah 2 UMKM, Padukuhan Tetes berjumlah 2 UMKM, dan Padukuhan Gorolangu berjumlah 2 UMKM.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image