You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Padukuhan Gebang

30 Desember 2019 Dibaca 31.841 Kali

           PROFIL PADUKUHAN GEBANG

            Padukuhan Gebang, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Padukuhan ini memiliki luas wilayah 34 Hektare. Batas wilayah Padukuhan Gebang antara lain : pada sebelah Utara berbatasan dengan Padukuhan Sulur dan Nungkep, sebelah Barat berbatasan dengan Padukuhan Sebo, sebelah Timur berbatasan dengan Padukuhan Sumoroto dan Desa Purwoharjo, dan sebelah Selatan berbatasan dengan Padukuhan Sebo dan Desa Purwoharjo. Lahan di Padukuhan Gebang digunakan keperluan pemukiman, pertanian, dan perkebunan. Padukuhan Gebang memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Jenis tanah pada Padukuhan Gebang ialah Lathosol yang berasal dari batuan induk breksi.

Padukuhan ini berada di Pegunungan Menoreh. Jarak dari Padukuhan Gebang ke Kecamatan Samigaluh 3,3 km, jarak dari Kecamatan Samigaluh ke Desa Sidoharjo 2,2km, dan jarak dari Kecamatan Samigaluh ke Kabupaten Kulonprogo 40 km. Kondisi jalanan di Padukuhan Gebang cukup baik, pada jalan utama daerah Padukuhan Gebang sudah menggunakan corblok dengan kondisi menanjak dan berlubang. Kondisi sarana dan prasarana yang ada di Padukuhan Gebang antara lain :

  1. Sarana dan Prasarana Pendidikan

Padukuhan Gebang memiliki bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP 3 Samigaluh). Kondisi bangunan terlihat baik dan layak untuk digunakan sebagai sekolah. Bagi anak-anak Padukuhan Gebang yang duduk di bangku TK, SD, SMA bersekolah di daerah lain.

     2. Sarana dan Prasarana Agama

Agama yang dianut oleh masyarakat Padukuhan Gebang ialah Islam. Padukuhan Gebang memiliki satu Masjid dengan kondisi Masjid dapat dikatakan sangat kondusif untuk beribadah, dilengkapi dengan mukena dan sajadah.

      3. Sarana dan Prasarana Keamanan

Padukuhan Gebang memiliki dua poskamling dengan kondisi yang baik dan rapi. Namun hingga saat ini hanya sebagian RT yang menjalankan jadwal siskamling.

      4. Sarana dan Prasarana Transportasi

Sarana dan prasarana transportasi bisa berupa motor atau mobil yang dimana bisa digunakan untuk membantu dan mempermudah kegiatan operasional, namun Padukuhan Gebang tidak memiliki sarana dan prasarana transportasi.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image