You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Embung Sidoharjo

administrator 28 Desember 2019 Dibaca 31.908 Kali

Embung Sidoharjo

            Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah salah satu propinsi di Indonesia dengan destinasi wisata yang sangat beragam dan diminati oleh wisatawan dalam dan luar negeri, mulai dari keindahan alam hingga budayanya. Salah satu tempat wisata yang ada di DIY ini adalah Embung Sidoharjo, yang terletak di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Embung yang sangat indah ini terletak diantara perbukitan Desa Sidoharjo.

Embung ini dibuat oleh desa dengan fungsi utama yakni sebagai perbaikan pengairan sawah bagi masyarakat sekitar. Namun, karena pembangunan dan pengelolaan yang baik dari beberapa padukuhan di sekitarnya, embung ini sekarang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan masyarakat umum sebagai tempat wisata. Atas antusias dari tidak sedikitnya pengunjung/wisatawan yang datang, maka daerah wisata Embung Sidoharjo dikembangkan lagi untuk memiliki lahan parkir luas berpaving dan akses jalan yang sudah beraspal untuk dapat lebih memuaskan para pengunjung/wisatawannya.  

Selain itu, Sawah yang membentang di sekelilingnya, ditambah adanya beberapa gazebo yang berada di lokasi embung menambah daya tariknya. Wisatawan dapat bersantai menikmati pemandangan bukit- bukit, sawah, serta melihat matahari terbit dan terbenam yang indah. Selain itu area Embung ini juga bisa digunakan untuk olahraga seperti jogging dan senam rutin karena tempatnya yang cukup luas dan strategis.

 

Kemudian, tidak jauh dari Embung Sidoharjo terdapat juga akses wisata alam lain yang tidak kalah indah, yaitu sebuah Curug yang aksesnya sudah mpermudah pejalan kaki dan pengendara motor. Waktu yang ditempuh untuk menuju curug tersebut kurang lebih selama 20 menit dengan jalan kaki. Selain itu, saat tiba di curug tersebut sudah disediakan tempat untuk bersantai serta spot foto yang akan memanjakan mata akan keindahan lukisan ciptaan tuhan. Namun, karena wisata tersebut tergolong masih baru serta jalan aksesnya yang banyak tanjakan turunan sehingga banyak orang yang belum tau tempat tersebut.

Dari banyaknya daerah wisata yang tidak jauh dari Embung Sidoharjo, hal ini dapat dijadikan sebagai suatu peluang untuk menjadikan daerah Sidoharjo sebagai potensi daerah yang kaya akan tempat wisatanya sehingga para pengunjung/wisatawan dapat berkunjung tidak hanya di satu tempat objek wisata saja. Jika warga dan pihak balai desa bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah maka wisata tersebut bisa menjadi potensi wisata lokal yang dapat membantu perekonomian warga setempat juga. Oleh karena itu, diharapkan Embung Sidoharjo dapat menjadi sala satu destinasi wisata yang dapat meraup lebih banyak lagi perhatian dari masyarakat luas di seluruh Indonesia.

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image