You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Tradisi Kepungan Bersih Dusun di Padukuhan Wonogiri, Kalurahan Sidoharjo

administrator 26 September 2022 Dibaca 1.028 Kali

sidoharjo-kulonprogo.desa.id-WONOGIRI- Padukuhan Wonogiri,Kalurahan Sidoharjo,Kapanewon Samigaluh  mengadakan acara puncak Kepungan Bersih Dusun pada Sabtu(24/9/2022). Bersih dusun atau yang biasa disebut saparan merupakan tradisi kebudayaan jawa yang dilaksanakan setiap bulan safar, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas nikmat yang dilimpahkan kepada masyarakat Dusun Wonogiri. Kegiatan ini juga dilakukan untuk tetap nguri-uri kabudayan jawi supaya tradisi semacam ini tidak hilang ditelan waktu.

Rangkaian acara ini telah dilaksanakan sejak hari Minggu(18/9/2022) yang meliputi kegiatan perlombaan untuk anak-anak hingga usia dewasa. Lomba tersebut meliputi  mewarnai untuk usia TK, lomba memasukkan paku ke dalam botol untuk ibu-ibu, lomba geguritan kategori remaja, serta  lomba voli sarung yang diperuntukkan untuk bapak-bapak. Selain itu ada juga lomba menyanyikan lagu mars Sidoharjo antar RT sebagai bentuk rasa cinta terhadap Desa Sidoharjo. Lomba ini diikuti oleh 8 RT yang ada di Padukuhan Wonogiri.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan doa bersama yang dilaksanakan di Balai Padukuhan Wonogiri pada Selasa(20/9/2022). Jumat(23/9/2022) dilaksanakan kegiatan pentas seni macapat sekar arum. Puncak acara dilaksanakan pada  Sabtu(24/9/2022) dengan kirab gunungan, pentas seni dari anak-anak SD N Madigondo dan ditutup dengan pentas wayang kulit.

Ketua panitia Kepungan Bersih Dusun Wonogiri, Istanto S.Pd dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara ini merupakan rutinitas tahunan yang dilakukan warga masyarakat Wonogiri setiap tahunnya. Harapan dilaksanakan acara ini supaya masyarakat selalu dilimpahi keberkahan, kelancaran rezeki dan kehidupan yang ayem lan tenterem.Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga masyarakat Padukuhan Wonogiri, salah satunya meningkatkan rasa solidaritas antar elemen masyarakat sehingga tercipta lingkungan yang aman, tentram dan damai.(amin.s)