You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Lomba Gempar Gemparkan Padukuhan Nglambur

administrator 07 Oktober 2022 Dibaca 1.065 Kali
Lomba Gempar Gemparkan Padukuhan Nglambur

Sidoharjo_ GEMPAR (Gerakan Pemanfaatan pekarangan) merupakan gerakan untuk memanfaatkan pekarangan yang sehat dan produktif dalam penyediaan ketersediaan pangan, meningkatkan kesadaran peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Kelompok Wanita Tani (KWT) memiliki peran penting dalam penyediaan sumber pangan guna memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, serta mengembangkan kegiatan ekonomi produktif. Kamis, 6 Oktober 2022 KWT Seruni Menoreh Indah (SEMI) Padukuhan Nglambur, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh tampak berbeda dengan hari biasanya. Meskipun diselimuti kabut tebal dan diselingi hujan ringan seluruh anggota KWT SEMI dengan penuh semangat menyambut kehadiran tim juri lomba gempar yang di selenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo.

Disampaikan dalam sambutan Panewu Kapanewon Samigaluh Ridwan Usman, SH, MM., KWT Seruni Menoreh Indah Padukuhan Nglambur mewakili Kapanewon Samigaluh untuk mengikuti lomba gempar tahun 2022. Sementara Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA., Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo yang turut hadir bersama rombongan tim juri dari Kabupaten menyampaikan bahwa kegiatan lomba gempar tahun ini sudah memasuki tahun ke tiga, Beliau yakin bahwa KWT Seruni Menoreh Indah Padukuhan Nglambur sudah berjalan dengan baik sehingga ditunjuk untuk mewakili Kapanewon Samigaluh. Namun demikian menanggapi sentilan melalui lagu ojo di banding-bandingkeĀ yang dinyanyikan paduan suara KWT SEMI dengan tersenyum beliau katakan jika tim juri harus membandingkan karena yang namanya perlombaan pasti harus membandingkan. Tim juri akan mencocokkan data dengan kebenaran yang ada di lapangan.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Seruni Menoreh Indah sampai saat ini sudah memiliki anggota aktif sejumlah 37 orang. Pujiwanti, ketua KWT SEMI dalam presentasinya dihadapan tim juri menyampaikan profil singkat dan aktifitas kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan. KWT SEMI menjadi salah satu suplier sayuran dan buah dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Setelah usai presentasi tim juri dibagi beberapa kelompok untuk melakukan penilaian di lapangan untuk melihat secara pangsung aktivitas KWT SEMI. Diakhir acara Lurah Sidoharjo, Umari menyampaikan ucapan selamat jalan kepada tim lomba gempar tingkat Kabupaten Kulon Progo.

Hadir dalam menanggapi lomba gempar KWT Seruni Menoreh Indah Padukuhan Nglambur anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo Budi Hutomo Putro, SS., di sela-sela acara beliau sampaikan semoga KWT Seruni Menoreh Indah yang ada di Padukuhan Nglambur mampu memotivasi KWT lain yang ada di Kalurahan Sidoharjo dalam mengembangkan potensi yang dimiliki wilayah masing-masing. red_azis