You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan SIDOHARJO
Kalurahan SIDOHARJO

Kap. Samigaluh, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SIDOHARJO RAHARJO "SELAMAT DATANG DI WEB SITE KALURAHAN SIDOHARJO"

Padukuhan Tukmudal

30 Desember 2019 Dibaca 31.817 Kali

PROFIL PADUKUHAN TUKMUDAL

Nama Padukuhan : Padukuhan Tukmudal, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo

Luas wilayah : 100 hektar

Batas Wilayah

Utara - Nyemani

Barat - Keweron

Timur - Sumoroto

Selatan – Nungkep

Penggunaan Lahan

Lahan yang berada pada padukuhan Tukmudal sebagian besar digunakan untuk kepentingan perkebunan. Jenis tanaman yang ditumbuhkan dan dibudidaya oleh masyarakat terdiri atas cengkeh, vanili dan sumber kayu untuk bahan mebel. Cengkeh dan vanili yang sudah dipanen akan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dijual.

Keadaan Topografi

Iklim : Padukuhan memiliki jenis iklim sedang, dan tidak terlalu ekstrem, dengan curah hujan yang sedang.

Tanah: lempung, batu2an

Geografi : Padukuhan Tukmudal memiliki geografi berupa perbukitan. Hal ini dapat dilihat dari pemandangan disepanjang perjalanan menuju Tukmudal. Jalanan bersifat menanjak dan dipenuhi oleh pepohonan disepanjang perjalanan menuju padukuhan.

Jarak

Padukuhan Tukmudal – Balai Desa Sidoharjo = 1 Kilometer

Padukuhan Tukmudal – Kantor Kecamatan Samigaluh = 4 Kilometer

Padukuhan Tukmudal – Kantor Kabupaten Kulon Progo = 40 Kilometer

Kondisi Jalan

Kondisi jalan memasuki Kabupaten Kulon Progo dapat dikatakan baik karena jalanan hingga menuju Kantor Kecamatan Samigaluh sudah diaspal, namun jalanan menuju ke Kantor Kecamatan Samigaluh bersifat menanjak dan berliku-liku dengan kondisi aspal yang tidak rata sehingga hal ini cukup menyulitkan rencana perjalanan. Kondisi jalan aspal menuju ke Padukuhan Tukmudal tampak rusak dan berlubang yang disertai dengan tanjakan yang cukup curam. Kondisi jalan mulai penuh dengan bebatuan ketika sudah memasuki Gapura Padukuhan Tukmudal.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana Agama

Prasarana Agama yang ada pada Padukuhan Tukmudal hanya terdapat satu bangunan Masjid yaitu adalah Masjid Tawakkal, dimana sarana yang ada pada masjid yaitu karpet sajadah, mukena, sarung, mic, toa dan mimbar.

Sarana dan prasarana Keamanan

Prasarana Keamanan yang ada pada Padukuhan Tukmudal yaitu sebuah Pos Ronda yang berada disebelah gapura masuk menuju Padukuhan Tukmudal.

Sarana dan prasarana Transportasi

Prasarana Trasnportasi yang ada pada Padukuhan Tukmudal terdapat jalan aspal dan jalan cor semen yang menghubungkan Padukuhan Tukmudal menuju Balai Desa dan Kantor Kecamatan Samigaluh. Sarana yang ada pada Padukuhan Tukmudal adalah motor dan mobil, namun mayoritas motor dan mobl adalah merupakan motor dan mobil milik pribadi.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image